Sabtu, 10 April 2010

Istri Shalehah

Sifat2 istri shalehah
1. Agama, mrp prinsip/landasan yg hrs diperhatikan
2. Akhlak mulia, mrp landasan yg penting untuk menuju kebahagiaan dan membantu agama. Jgn nikahi wanita yang mempunyai sifat: Ananah (perempuan yang suka merintih, banyak mengeluh dan berpangku tangan), Mananah (perempuan yang membangga2kan diri didepan suami dan mengungkit2 bahwa dirinya telah melakukan ini itu hanya untuk si suami), Hananah (perempuan yang menyukai suami orang lain atau anaknya orang lain), Hadaqah (perempuan yang selalu tergoda oleh sesuatu yang dilihatnya lalu memaksa suaminya untuk membelikannya), Baraqah (suka marah karena makanan sehingga urung memakannya kecuali ia makan sendiri dan bagiannya dibedakan dengan yang lain, termasuk suaminya), Syadaqah (banyak bicara atau cerewet), Mukhtali’ah (perempuan yang selalu meminta cerai setiap saat tanpa alasan yang jelas), Mubariyah (perempuan yang menyombongkan kekayaannya), Ahirah (perempuan fasik yang banyak sensasi seksnya dengan banyak pria), Nasyiz (perempuan yang kasar perbuatan dan perkataan terhadap suaminya).
Ali RA berkata: Sifat terburuk lelaki yang sekaliagus sifat terbaik perempuan adalah bakhil, somnong, dan pengecut. Perempuan yang sombong akan menolak bicara halus dan menggoda. Sedangkan perempuan yang pengecut akan memisahkan diri dari segala sesuatu dan ia tidak suka keluar rumah serta menjauhi tempat2 yang rawan fitnah demi menjaga perassan suaminya.
3. Kecantikan, mrp sesuatu yang dicitakan, krn ia dpt menjagakan diri dr selingkuh. Ada yang menyebutkan bahwa jika seorang perempuan itu cantik, berakhlak mulia, hitam kelopak mata dan rambutnya, besar matanya, berkulit putih, mencintai suaminya, sopan dan menundukkan pandangan dihadapan suaminya, maka perempuan seperti halnya tersebut ini adalah sesuai bentuk bidadari.
4. Ringannya maskawin. Sebaik2 istri adalah yang berwajak cantik dan ringan maharnya (sabda Rasul SAW).
5. Beranak (subur)
6. Perawan. Psikologi keperawanan mempunyai 3 manfaat: lebih banyak dalam rasa kasih sayangnya kepada suami,lebih memusatkan kasih sayang suami kepadanya, bahwa wanita gadis tidak akan merindukan mantan kekasih/ mantan suami) karena kekuatan cinta yang menghunjam biasanya pada kekasih yang pertama.
7. dari keturunan trehormat, maksudnya adl perempuan dr keluarga yang beragama dan dari kalangan baik2, krn ia akan menjadi pendidik bagi anak2nya.
8. Bukan dari keluarga dekat, karena hal ini dapat mengurangi birahi

“Nikahkanlah putrimu dengan orang yang bertakwa kepada Allah. Karena, jika ia mkencintai putrimu niscaya ia akan memuliakannya. Namun jika ia tidak menyukainya niscaya ia tidak akan menyakitinya” (Hasan)

Seorang suami harus belaku adil dan beradab dalam:
 Walimahan. Disunnahkan untuk memberikan selamat kpd org yg menikah dg ucapan ‘Semoga kamu diberkahi Allah dengan beribu berkah dan kalian dipersatukan dalam kebaikan’
 Berbudi pekerti baik, hal ini sbg kasih saying suami kpd istri krn akal mrk seringkali tdk sabar utk mencerna sesuatu scr mendlm.
 Mengimbangi beban rasa sakit dengan cengkerama, canda dan cumbu, hal inilah yg menyenangkan hati para istri.
 Bersahaja tapi tegas, bertindak seimbang dan tidak membiarkan wibawabya hilang serta kalang kabut oleh perilaku istri yang kelewatan. Dlm diri perempuan terdpt kejahatan sekaligus kelemahan, kebijakan siasat dan ketegasan adl penawar kejahatannya, berbuat baik dan kasih saying adl onat kelemahannya, dan dia perlu dokter yg berpengalaman yg mampu mengobati sesuai kadar penyakitnya. Maka hendaklah suami terlebih dahulu meneliti akhlak istrinya dg seksama untk kmd mempergaulinya dg tuntutan yg sehrsnya dilakukan demi memperbaiki keadaannya.
 Adil dlm kecemburuan.Sabda Rasul SAW ‘Sesungguhnya ada kecembururan yang dicintai dan dibenci Allah. Dan ada pula sombong yg dicintai dan dibenci Allah. Adapun cemburu yg dicintai Allah adl cemburu dlm keraguan. Dan cemburu yg dibenci Allah adl cemburu diluar keraguan.Sedangkan sombong yg dicintai Allah adl kesombongan seseorang pada dirinya ketika perang dan bertemu musuh. Dan sombong yg dibenci Allah adl sombong dlm kebatilan’
 Adil dlm pemberian nafkah, seorg suami tdk boleh kikir, pelit ataupun boros dlm memberikannafkah kpd istri.
 Aspek pendidikan rumah tangga, suami hrs mengajari tentang hokum sholat dan apa yg boleh dan tdk boleh karena haid.
 Adil diantara para istri, bila suami berpoligami
 Sikap durhaka istri, saat tjd pertengkaran antara suami istri, dan masalah tsb tdk dpt didamaikan, maka harus didatangkan juru damai, satu dari keluarga suami dan yang lain dari keluarga istri.
 Adab bersetubuh, ketika hendak bersetubuh, disunnahkan untuk memulainya dg basmalah, membaca surat Al Ikhlas, takbir dan tahlil, lalu berdoa ‘Dg nama Allah yg Maha Luhur lagi Maha Agung. Ya Tuhan kami, jdkanlah ia keturunan yg baik jika kamu menghendakinya keluar dari tulang rusukku’
 Adab menyikapi kelahiran: jgn terlalu senang krn mendptkan anak laki2 dan sedih lantaran mendptkan anak perempuan krn kita tdk tahu mana yg terbaik diantara keduanya, menyuarakan adzan ditelinga anak, memberi nama yg bagus, akikah, menyuapkan kurma atau manisan
 Perceraian, ada 4 aturan: suami menceraikan istri saat sedang tdk haid dan tdk habis disetubuhi pd saat suci tsb, cukup dg 1 talak, jgn langsung 3 kali, mengutarakan alasan menceraikan istri secara halus dan lemah lembut, tidak membuka rahasia istri baik pada saat cerai maupun masih terikat nikah.


Seorang istri seharusnya
 Menghormati suami layaknya seorang tuan, yang mesti diberi persembahan dg sebentuk pengabdian dan pengorbanan
 Menaatinya sepenuh hati dan jiwa raga selagi bukan untuk mendurhakai Tuhan
 Sabda Rasul SAW ‘seorang istri yg rajin sholat 5 waktu, berpuasa dibulan ramadhan, menjaga kehormatannya, dan menaati suaminya, maka Tuhan akan menjamin dia masuk surga’
 Hak suami atas istri yg paling penting ada 2: menjaga dan menutup aurat, tidak banyak menuntut sesuatu yg tdk perlu dan menjaga kehormatan dari usaha haram.
 Diantara kewajiban istri adl tdk menyia2kan harta
 ‘wahai anakku, kamu akan meninggalkan sangkar pingitanmu menuju hamparan tikar semesta yg blm kamu kenal. Kamu akan berteman dg lelaki yg blm bersemayam dihatimu. Jadikan dirimu bumi baginya, niscaya dia akan menjadi langitmu. Jadikan dirimu tanah, niscaya dia akan menjadi pancangmu. Jadikan dirimu budak, niscaya dia akan menjadi hambamu. Jangan sumpahi dia, karena ia akan menyusahkan, menjauh lalu melupakanmu. Jika ia mendekatimu maka rangkullah dia. Jika ia menjauh, maka jauhilah jua. Jagalah hidungnya, telinganya, matanya. Jangan sampai tercium olehnya kecuali bau wangi dan harum. Jgn sampai terdengar dan terlihat olehnya kecuali yg baik, yang asyik. Pajanglah dirimu dlm pesona kecantikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar